Selasa, 14 April 2009

Udah Nyontreng, belummmm???????

Aha, pesta demokrasi pilihan Legislatif telah dilangsungkan tanggal 9 April kemaren. Gimana nih, dengan yang laen???? Udah bisa nyontreng? Udah tau dan paham yang bakal jadi pilihannya? Ato Golput?
Hmmmm, hari H pemilihan Calon Legislatif bersamaan dengan liburan panjang yang terkenal dengan istilah keren LONG WEEKEND. Luar biasa dampaknya. Abis yang mo pulang kampung bener-bener tumpah ruah di terminal bis. Duuuh, nggak biasanya nih bis langgananku gak juga nongol. Padahal kalo dihitung-hitung sih, itu bis nggak langka-langka amat. Lumayan banyak, lumayan gampang nyarinya. Tapi, pas hari H itu betul-betul di luar prediksiku. Maunya sih menghindari membludaknya penumpang, eh malah terjebak di situasi yang menyebalkan. Menurut perhitunganku, perjalananku dari Surbaya menuju Kota Kediri paling tidak memakan waktu 3,5 jam. Sementara waktu penyontrengan dibatasi sampe jam 12 siang. Sampe jam 8 pagi belum juga dapat Bis Kediri. Duuuh, bisa-bisa gak jadi nyontreng nih.

Kutelusuri jalanan terminal, dan akhirnya dapat juga bis jurusan Kediri. Akan tetapi, hmmmmmm kayaknya harus rela berdiri nih. Ngalamat bakalan sampe Kediri dech. Apalagi ini kesempatan para kondektur dan sopir yang terus menambah penumpang sampe sesak. Untungnya ada AC, jadinya meski gerah bisa sedikit teratasi oleh dinginnya AC.
Tapi, usut punya usut ternyata ini orang-orang bukan belain nyontrengnya, justru mementingkan liburan panjangnya. Ho ho......... hak mereka sih. Lantas, pada dikemanakan hak politik mereka? Hmmmm, macam-macam alasan mereka.
Ups, desak kiri desak kanan desak blakang apalagi depan. Aku terjepit di sela-sela ketiak para penumpang.........aduuuuh........kadang kakiku terinjak. Walahhhhh, sing sabar wae.....pancen musim wong mudik.
Ahhhhh, setelah perjalanan 3,5 jam lamanya akhirnya sampe juga di Kota Kediri. Kota kelahiranku. Seperti apa ya.....wajah kotaku sekarang? He he.....kayak gak pernah pulang kampung wae........Gimana tetanggaku sekarang? Apakah aku masih tercatat dan tetap dianggap sebagai warga Kota Kediri yang sah menurut hukum dan tata aturan pemerintahan Kota Kediri? Awas kalo nggak, aku kan tetap warga Kota Kediri semenjak jaman tempoe doloe.....so, tetep jadul gitu. he he he......
Yuhuuuuu, nyampe juga di sebuah rumah mungil, yaitu tempat tinggalku semenjak dulu. Tak lupa ucapkan salam, sungkem emak lan bapak. Mmmm, nggak sempat istirahat, langsung nyamperin surat undangan nyontreng, trus cabut menuju TPS. Waktu tinggal sekian puluh menit. Untungnya lokasi TPS berada di sebelah rumahku. Hanya beberapa langkah saja untuk mencapai lokasi.
Lumayan rame dipenuhi oleh calon pemilih. Bukan itu masalahnya, ternyata menurut tetangga sekaligus sodaraku yang sudah ngantre sejak sejam yang lalu, belum juga dipanggil untuk mendapatkan surat suara. Lha? Apalagi aku yang baru ngumpulin surat panggilan? weleh.......nunggu sejam lagi dunk. Kira2 begitu ya? Gak pa2, yang penting hak suaraku aman....dan aman...... demi hak politikku. Memilih caleg yang pro terhadap perempuan pastinya. Yup, akhirnya sampailah aku ke bilik itu. Bla bla bla.....selesai dech........Pffffffffff!

Tidak ada komentar: